Urgensi Bimbingan Konseling Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) Di Sekolah Inklusi

Authors

  • Nur Aini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Syuhaila Anwar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Sinta Amalia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Rosita Dongoran Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.91

Keywords:

Bimbingan Konseling, Anak Berkebutuhan Khusus, Inklusi

Abstract

Semua siswa, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus (ABK), diharapkan untuk memperoleh keterampilan dasar kehidupan melalui layanan dasar bimbingan dan konseling.  Arahan dan bantuan bimbingan penting ini dimulai ketika siswa dengan persyaratan luar biasa pertama kali masuk sekolah. Materi disesuaikan dengan usia dan fase pembentukan siswa ABK. Anak-anak dengan kebutuhan yang berbeda sering kali menghadapi kesulitan dan kesulitan karena kondisi mereka yang luar biasa, khususnya hambatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan keterbatasan aktivitas dalam lingkungan mereka saat ini. Salah satu cara untuk membantu ABK dalam menghadapi kesulitannya adalah dengan memberikan arahan dan bimbingan administrasi di sekolah. Latihan komprehensif merupakan upaya memberikan pendidikan kepada ABK secara mendasar dan penuh empati. Dalam pendidikan komprehensif, pendidikan dan bimbingan bagi ABK disesuaikan dengan kebutuhan khusus masing-masing anak dalam hal keadilan keteladanan. Pemeriksaan ini bersifat grafis, digunakan untuk menggambarkan permasalahan yang sedang terjadi saat ini, dan bermaksud menggambarkan segala sesuatu yang telah terjadi sebagaimana mestinya.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Aini, N. ., Anwar, S. ., Amalia, S. ., & Dongoran, R. . (2024). Urgensi Bimbingan Konseling Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) Di Sekolah Inklusi. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 239–246. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.91