Urgensi Mahāratul Kitābah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Zakiah Mardiah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fahriza Ramadhan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Azizah Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aulia Marhamah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sahkholid Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.115

Keywords:

Mahāratul Kitābah, Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Mahāratul kitābah (keterampilan menulis) merupakan salah satu mahārah yang ada pada pembelajaran bahasa Arab. Adanya keterampilan menulis ini menjadi keterampilan yang menduduki peringkat tertinggi dalam empat keterampilan lainnya pada bahasa Arab. Tingginya kedudukan mahāratul kitābah inilah yang menuntun Peneliti untuk mengkaji pembahasan ini secara rinci dengan metode kualitatif. Teknik yang Peneliti gunakan yakni dengan mengumpulkan data berdasarkan studi pustaka yang relevan dengan pembahasan ini. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa penting mahāratul kitābah dalam pembelajaran bahasa Arab. Temuan penelitian ini adalah bahwa mahāratul kitābah merupakan keterampilan yang sangat penting untuk mengekpresikan berbagai macam bentuk pikiran yang dituangkan dalam sebuah tulisan pada pembelajaran bahasa Arab, sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Nasution, Z. M. ., Ramadhan, F. ., Putri, N. A. ., Marhamah, A. ., & Nasution, S. . (2023). Urgensi Mahāratul Kitābah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 153–163. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.115