PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 INDRAMAYU

Volume 3 No 2 Juli 2022

Authors

  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Evi Aeni Rufaedah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Siti Carsinah Mahasiswa BKPI Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v3i2.42

Abstract

Belajar merupakan kegiatan pokok dalam proses pendidikan di sekolah. Belajar adalah usaha yang dilakukan secara sadar untuk merubah sikap dan tingkah lakunya. Upaya mencapai perubahan tingkah laku dibutuhkan motivasi, motivasi merupakan salah satu faktor yang mendorong siswa untuk mau belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bimbingan kelompok sebelum dan sesudah diberikan layanan dan mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Adapun jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif model eksperimen dengan variabel bebas dan variabel terikat. Pada penelitian ini menggunakan populasi dari kelas VIII dengan sampel 30 siswa. Model eksperimen yaitu The randomized pretest-posttest control group design pengumpulan data menggunakan instrument skala sikap dan analisis menggunakan ANOVA dua jalur melalui software di program SPSS. Adapun kesimpulan pada penelitian dengan nilai 4, 113 < 4, 20 menunjukkan hasil tidak adanya pengaruh secara signifikan dari layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2022-07-14

How to Cite

Didik Himmawan, Evi Aeni Rufaedah, & Siti Carsinah. (2022). PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 INDRAMAYU: Volume 3 No 2 Juli 2022. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 19–28. https://doi.org/10.31943/counselia.v3i2.42

Most read articles by the same author(s)