Metode Pendidikan Berdasarkan Hadits Rasulullah SAW
DOI:
https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.151Keywords:
Metode, Pembelajaran, Hadits, RasulullahAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan informasi bagaimana metode yang dipakai Rasulullah dalam Pendidikan karena metode ini sangat penting dalam Pendidikan dilihat dari sebuah istilah dalam Bahasa Arab “الطريقة اهم من المادة “Artinya metode lebih penting dibandingkan materi yang disampaikan. Dari pernyataan ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran memiliki peran yang signifikan dalam proses pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan memudahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Metode dalam penelitian ini adalah studi Pustaka atau Library Reserch dengan menghimpun data penelitian dari khazanah literatur dan menjadikan dunia teks sebagai bahan utama analisisnya. Sumber-sumber lain yang relevan juga dapat menunjang dan memperkaya data yang diperlukan menggunakan buku-buku hadist yang membicarakan metode pembelajaran dari Rasulullah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa metode yang digunakan Rasulullah dari penjelasan hadist dalam memberikan pembelajaran yaitu Metode pembelajaran dengan keteladanan (perilaku yang baik dan Budi pekerti luhur), metode mengajar secara bertahap yaitu metode yang mengajarkan dari tahapan yang paling rendah ke tahapan yang paling tinggi, metode dialog dan tanya jawab yaitu menjelaskan dengan cara memberi jawaban bagi penanya dengan jawaban yang mudah dipahami, metode targhib (motivasi) dan targhib (ancaman) yaitu dengan memberi motivasi ke arah kebaikan dan memberi konsekuensi bagi yang melakukan kejahatan, metode nasehat yaitu memberikan nasehat nasehat yang baik, metode kepuasan logis yaitu mengajarkan Islam dengan memanfaatkan kepuasan intelektual yang diperoleh seseorang dari menaati suatu hukum-hukum agama Islam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farhan Hidayat, Aldi Wijaya Dalimunthe, Siti Aisyah Br. Rambe, M. Hafiz, Juli Julaiha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.