Nilai-Nilai Luhur Pendidikan Islam Berdasarkan Hadits Rasulullah

Authors

  • Mizar Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Paisal Ipanda Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Rudi Herdianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Susi Susanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Juli Julaiha Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.150

Keywords:

Nilai-nilai, Pendidikan, Hadits

Abstract

Hadis merupakan pedoman hidup kedua umat Islam setelah A-Qur’an, berupa perkataan, perbuatan dan ketetapan Rasulullah saw. Pendidikan adalah bagian penting dalam Islam. Dengan pendidikan seseorang akan menjadi manusia seutuhnya sesuai dengan tujuan penciptaannya di dunia. Nilai-nilai pendidikan yang diajarkan dalam pendidikan Islam hendaknya mengacu kepada nilai-nilai yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad sebagai sosok teladan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan nilai-nilai luhur pendidikan berdasarkan hadits Rasulullah saw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan data bersumber dari literatur-literatur yang berkaitan dengan bahasan penelitian. Sumber data utama adalah hadits-hadits Rasulullah yang berkaitan dengan ilmu tarbiyah atau kependidikan. Dari penelitian kemudian ditemukan bahwa terdapat nilai-nilai luhur pendidikan dalam hadits Rasulullah diantaranya adalah nilai akidah, nilai akhlak, dan nilai ibadah. Dengan mengintegrasikan ketiga nilai-nilai luhur tersebut dalam pendidikan Islam maka akan menciptakan insan madani yang kokoh secara keimanan, memiliki akhlak mulia dan senantiasa bertakwa kepada Allah swt. nilai-nilai luhur tersebut sudah semestinya menjadi dasar nilai-nilai yang diajarkan kepada peserta didik dalam pendidikan Islam.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Aulia, M. ., Ritonga, P. I. ., Herdianto, R. ., Susanti, S. ., & Julaiha, J. . (2024). Nilai-Nilai Luhur Pendidikan Islam Berdasarkan Hadits Rasulullah. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.150

Most read articles by the same author(s)