Implementasi Teori Operant Conditioning B.F. Skinner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.84Keywords:
Operan Conditioning, Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengatahui bagaimana proses penerapan teori belajar Operant Conditioning B.F Skiner dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, terdapat beberapa pembahasan meliputi; penjelasan teori behaviorisme Operant Conditioning B.F. Skiner, kemudian menelaah kelebihan dan kekurangan teori tersebut sebelum diterapkan dalam pendidikan dan mengetahui pengembangan teori Operant Conditioning B.F Skiner dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta menelaah kelebihan dan kekurangan setelah teori belajar Operant Conditioning B.F Skinner diaplikasi kepada siswa-siswa di sekolah. Metode penelitian dilakukan dengan studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur yang berkaitan dengan masalah yang dipecahkan. Hasilnya dapat mengetahui teori B.F Skinner sebagai teori pengembangan Classical Conditioning Ivan Pavlov dan mengamati proses percobaan teori B.F Skinner pada hewan yang menghasilkan perubahan perilaku terhadap hewan tersebut disertai dengan kelemahan dan keunggulan dalam proses percobaan. Kemudian melakukan pengembangan teori ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai perubahan tingkah laku yang diharapkan sesuai dengan pembelajaran di sekolah disertai keunggulan dan kelemahan dalam proses pengembangannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andri Antoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.