Konsep Gender Dalam Pendidikan Islam Menurut Husein Muhammad (Buku Fikih Perempuan)

Authors

  • Siti Anisah PAI UNWIR Indramayu
  • Jaedi Jaedi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Dasmun Dasmun Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.79

Keywords:

Gender, Pendidikan Islam, Husein Muhammad

Abstract

Dalam perjuangan kesetaraan gender, penting untuk memberikan dukungan terhadap perempuan agar dapat meraih hak-hak yang setara dalam bidang kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Islam tentang gender dan untuk mengetahui kesetaraan gender menurut Husein Muhammad melalui buku Fiqih Perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu library reseach dengan menggunakan data primer dari buku Husein Muhammad yaitu fiqih perempuan refleksi kyai atas wacana agama dan gender. Dan menggunakan data sekunder sebagai data pelengkap dari penelitian. Adapun hasilnya ialah bahwa Al-qur’an menjunjung tinggi kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. dan Husein Muhammad menyadari bahwa perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki walaupun berbeda dalam hal peran dan tanggung jawab. Dan tidak merendahkan satu atas yang lain. Beliau berupaya mengkaji kembali teks-teks keagamaan yang dianggap diskriminatif terhadap perempuan dengan basis keilmuannya yaitu kitab klasik dengan harapan menemukan keadilan.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Anisah, S. ., Jaedi, J., & Dasmun, D. (2023). Konsep Gender Dalam Pendidikan Islam Menurut Husein Muhammad (Buku Fikih Perempuan). Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 125–134. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.79