Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Dengan Metode Team Quiz Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di MTs Negeri 12 Indramayu

Authors

  • Tion Bahrian PAI Universitas Wiralodra Indramayu
  • Zaenudin Zaenudin Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Abdul Aziz Romdhoni Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.75

Keywords:

Keaktifan Belajar, Metode Team Quiz, Pembelajaran Al-Qur’an hadits

Abstract

Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu tugas guru. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka guru diharapkan mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran yang dapat memberdayakan dan menggali bakat, minat serta potensi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan metode TQ (Team Quiz) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII MTs Negeri 12 Indramayu? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan dan mendiskripsikan keaktifan belajar dengan menggunakan model TQ (Team Quiz) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII di MTs N 12 indramayu. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh dari data kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa setelah model TQ (Team Quiz) diterapkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 61% dan siklus II sebesar 91%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Analisis data dapat dipahami bahwa model TQ (Team Quiz) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Bahrian, T., Zaenudin, Z., & Romdhoni, A. A. . (2023). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Dengan Metode Team Quiz Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di MTs Negeri 12 Indramayu. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 142–152. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.75