Peranan Psikologi Pendidikan untuk Pencegahan Perundungan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Pelangi Dea Sri Damayanti Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Fitri Handayani Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yuli Ramahwati Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Suhernah Suhernah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Anisa Dian Cahyani Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Martina Hikmah Tilova Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v4i1.60

Keywords:

Psikologi Pendidikan, Perundungan, Sekolah Dasar

Abstract

Bullying merupakan istilah untuk tindakan kekerasan atau penindasan yang dilakukan oleh pihak yang lebih kuat baik dari segi umur, kekuatan, kekuasaan kepada pihak yang lemah. Bentuk dari perilaku bullying yaitu bullying fisik, bullying verbal dan bullying mental/psikologis yang dapat ber dampak buruk kepada korbannya, seperti lebam, luka, sakit, penakut, dan lain sebagainya dan untuk jangka panjang yaitu terganggunya kondisi psikologis dan penyesuaian sosial yang buruk. Peran psikologi pendidikanKonselor memiliki peranan penting dalam mencegah dan menanggulangi bullying di sekolah, untuk itu diperlukan pelayanan yang efisien dan komprehensif ke pada seluruh siswa dengan menggunakan berbagai keterampilan dan media yang dapat membantu kinerja psikologi pendidikan dalam menangani bullying.

Published

2023-03-14

How to Cite

Damayanti, P. D. S. ., Handayani, F. ., Ramahwati, Y. ., Suhernah, S., Cahyani, A. D. ., & Tilova, M. H. . (2023). Peranan Psikologi Pendidikan untuk Pencegahan Perundungan Siswa Sekolah Dasar. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i1.60