PERANAN GURU KELAS DAN GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF (Studi Kasus di MI Sekolah Alam Indramayu)

Authors

  • Nur Lailiyah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • farah jihan

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v1i1.6

Abstract

Dalam rangka memberikan peluang bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus, pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk pendidikan dan distribusi pendidikan melalui sekolah inklusif. Bentuk bimbingan pembelajaran yang dilakukan di sekolah inklusif berbeda dengan sekolah pada umumnya, sekolah inklusif harus memberikan bimbingan layanan pembelajaran kepada siswa secara optimal dan harus menyediakan tenaga profesional yang mampu melayani siswa dengan kebutuhan khusus yang intens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru kelas dan guru pendamping khusus dalam memberikan bimbingan belajar pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif yaitu di MI Sekolah Alam Indramayu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan desain studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa di MI Sekolah Alam Indramayu, guru kelas dan guru pendamping khusus memiliki peran penting atas kesuksesan belajar siswa berkebutuhan khusus, kolaborasi keduanya dalam menyiapkan materi maupun melaksanakan pembelajaran dalam kelas sangat baik sehingga mendapatkan hasil yang cukup memuaskan, walaupun masih terdapat banyak kekurangan di dalam batas kewajaran.

Published

2020-08-19

How to Cite

Nur Lailiyah, & farah jihan. (2020). PERANAN GURU KELAS DAN GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF (Studi Kasus di MI Sekolah Alam Indramayu). Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 42–51. https://doi.org/10.31943/counselia.v1i1.6