KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (Studi Komparasi Pemikiran Dr.Pupu Saeful Rahmat,M.Pd dan Prof. Dr. H. Djaali dalam Psikologi Pendidikan)

Authors

  • Zaenudin Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Siti Maria Ulfah

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v1i1.5

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah kerap kali dijumpai berbagai permasalahan. Masalah-masalah tersebut merupakan hambatan dalam usaha mencapai suatu tujuan pendidikan. Salah satu permasalahannya adalah kurangnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu motivasi belajar menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Motivasi belajar harus dibangkitkan dalam diri siswa sehingga siswa termotivasi dalam belajar. Adapun jenis penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif noninteraktif, penelitian noninteraktif yaitu penelitian terhadap konsep-konsep melalui sebuah analisis dokumen. Hasil penelitian yaitu Konsep bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar keduanya menggunakan strategi yang terdapat pada layanan bimbingan konseling. Namun, konsep dalam meningkatkan motivasi belajar yang dikemukakan oleh Dr.Pupu Saeful Rahmat,M.Pd melalui layanan pembelajaran sedangkan konsep yang dikemukakan oleh Prof. Dr. H. Djaali dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu melalui metode layanan bimbingan kelompok.

Published

2020-08-19

How to Cite

Zaenudin, & Siti Maria Ulfah. (2020). KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (Studi Komparasi Pemikiran Dr.Pupu Saeful Rahmat,M.Pd dan Prof. Dr. H. Djaali dalam Psikologi Pendidikan). Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.31943/counselia.v1i1.5