PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • HASYIM ASY’ARI KAENURDAHA Madrasah Aliyah Negeri I Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari bimbingan kelompok yang diadakan di sekolah untuk membantu siswa menyelesaikan masalah minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan  layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan metode ceramah dan diskusi kelompok, yang pada pelaksanaanya menggunakan empat tahap, tahap yang pertama yaitu tahap pembentukan, tahap kedua yaitu peralihan, tahap yang ketiga yaitu inti kelompok atau tahap kerja, tahap yang ke empat yaitu pengakhiran. Hasil layanan bimbingan kelompok tergolong baik dan sesuai dengan teori, hal ini terbukti dengan hasil analisis melalui hasil angket dengan prosentase yang menghasilkan 95,46%, bila nilai tersebut memberikan kisaran antara 70% - 100% berarti baik. Dengan adanya bimbingan kelompok siswa dapat memecahkan masalah minat belajar dengan cara mendiskusikan masalah tersebut dalam kelompok.

Published

2020-08-19

How to Cite

HASYIM ASY’ARI KAENURDAHA. (2020). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA . Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 26–31. https://doi.org/10.31943/counselia.v1i1.3