Kontribusi Pembelajaran Kaligrafi Dalam Meningkatkan Mahārah Al-Kitābah

Authors

  • Annisa Ayunda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Nadira Sandra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Lathifah Zauharo Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aura Najwa Syahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Predy Ady Ray Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.121

Keywords:

Mahārah Kitābah, Pembelajaran, Kaligrafi

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek yang dilatih secara intensif sebagai bagian pembelajaran bahasa Arab. Keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Arab dikenal juga dengan sebutan Mahārah Kitābah. Mahārah Kitābah ialah keterampilan menulis dalam bahasa Arab yang berfokus pada seni atau keindahan tulisan, dengan melakukan pembelajaran kaligrafi dapat memperindah tulisan Arab, sehinga tulisan tersebut memiliki nilai keestetikan dan nilai spiritual, dan juga melatih seseorang dalam mendeskripsikan ide dan pemikirannya dalam bentuk tulisan yang berstruktur. Salah satu keterampilan dalam menulis (Mahārah Kitābah) adalah kaligrafi (khat) yang memiliki keindahan dalam setiap tulisannya. Kaligrafi merupakan sebuah seni arsitektur yang mempelajari tata letak penulisan huruf tunggal, huruf sambung, dan bentuk visualnya yang menggunakan media kertas dan pena, serta tangan sebagai penggeraknya sehingga menjadi tulisan atau gambar yang indah. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan kajian pendekatan studi kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan dalam menganalisis mengenai Mahārah Kitābah dalam pembelajaran kaligrafi dengan melakukan pengumpulan data yang merujuk pada buku, jurnal, skripsi, website yang relevan dan penelitian ilmiah.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Ayunda, A. ., Sandra, P. N. ., Zauharo, P. L., Syahra, A. N. ., & Ritonga, P. A. R. . (2023). Kontribusi Pembelajaran Kaligrafi Dalam Meningkatkan Mahārah Al-Kitābah. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 201–214. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.121