Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Verbal Siswa Di SMP Negeri 2 Rambatan

Authors

  • Fridameka Koswara Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Irman Irman Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.120

Keywords:

Bullying Verbal, Guru Bimbingan Konseling, Sekolah Menengah Pertama, Lingkungan Sekolah, Keamanan Siswa

Abstract

Bullying verbal merupakan masalah serius dalam dunia pendidikan yang dapat berdampak negative terhadap perkembangan social dan emosional siswa. Penelitian  ini bertujuan untuk menyelidiki peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi prilaku bullying verbal siswa di SMP Negeri 2 Rambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus ganda dan melibatkan guru bimbingan konseling, siswa, dan staf sekolah. Sampel akan mencakup guru BK SMP Negeri 2 Rambatan yang memiliki pengalaman menangani kasus bullying verbal. Dan siswa yang pernah terlibat dalam kasus bullying verbal di sekolah tersebut akan menjadi bagian dari sampel. Pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Purposive sampling juga disebut judgmental sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan penilaian mengenai siapa-siapa saja yang pantas untuk dijadikan sampel. mengetahui secara lengkap. Temuan ini memberikan pandangan yang lebih dalam tentang upaya yang dapat dilakukan oleh guru bimbingan konseling untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendukung bagi semua siswa.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Koswara, F. ., & Irman, I. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Verbal Siswa Di SMP Negeri 2 Rambatan. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 162–180. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.120