Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran

Authors

  • Nisa Hafzhiyah Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Parulian Sibuea Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nursamsia Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dwi Setia Ningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Widya Utami Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.116

Keywords:

Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan guru/pendidik di dalam kelas akan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien apabila semua komponen pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran digunakan di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitan kepustakaan (library research) yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Metode pembelajaran adalah langkah–langkah dan cara sistematis dalam menyampaikan materi kepada siswa yang digunakan guru dan disajikan khas oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Teknik pembelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur. Dalam memilih dan melaksanakan strategi pembelajaran tersebut, seorang pendidik perlu memperhatikan ciri khas dari setiap materi pelajarannya.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Hasibuan, N. H. ., Sibuea, P. ., Rambe, N. ., Ningsih, D. S. ., & Utami, W. . (2024). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 202–213. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.116