LAYANAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BROKEN HOME (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Balongan)
DOI:
https://doi.org/10.31943/counselia.v2i2.11Keywords:
Layanan guru BK, Motivasi Belajar, Siswa Broken HomeAbstract
Layanan guru bimbingan konseling merupakan upaya preventif agar siswa tidak berada di jalan yang salah, siswa- siswa yang mempunyai masalah tidak bisa mengentaskan masalahnya sendiri, mereka membutuhkan sosok yang dapat membantu dalam pengentasan masalahnya. Apalagi dalam kasus siswa broken home pada remaja, dimana siswa berada dalam fase pencarian jati diri, dan siswa broken home berbeda dengan siswa lainnya, mereka memiliki masalah pribadi yang cukup serius, salah satunya kehilangan motivasi belajar. melalui layanan Bimbingan dan Konseling diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang mengalami broken home pada siswa kelas IX SMPN 1 Balongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan instrumen pengumpulan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di kelas IX sudah berjalan dengan baik. Teknik layanan yang diberikan adalah dengan individu, kelompok dan home visit.